081341822021
081341822021
Customer service 1

Paket Wisata Kendari

Museum Provinsi Sulawesi Tenggara

Sunday, January 4th 2015.

Paket Wisata Kendari. Koleksi adalah suatu benda yang dapat digunakan sebagai bahan pembuktian sejarah manusia dan lingkungannya. Syarat-syarat suatu benda yang dapat dijadikan koleksi adalah :Mempunyai nilai sejarah / seni, Mempnyai nilai budaya / Ilmu Pengetahuan, Mempunyai Identitas yang jelas, dapat dijadikan monument, Replika/ Miniatur

Museum Provinsi Sulawesi Tenggara telah menemukan 10 (Sepuluh) Jenis koleksi, tersebut adalah : Koleksi Geologika, Koleksi Biologika, Koleksi Etnografika, Koleksi Arkeologika, Koleksi Historika, Koleksi Numismatika/Heraldika, Koleksi Filologika, Koleksi Keramika, Koleksi Seni Rupa, Koleksi Teknologika.

museum sulawesi tenggara

museum sulawesi tenggara

Kegiatan konservasi / perawatan koleksi adalah merupakan tugas pokok museum dalam rangka mempertahankan kelestarian benda-benda warisan budaya bangsa, tanpa menghilangkan unsure keaslian suatu benda. Konservasi atau pearwatan Koleksi dapat dikategorikan dalam 2 Jenis tindakan penyelamatan :

Tindakan Prefentif adalah merupakan suatu tindakan atau upaya mencegah munculnya penyakit pada suatu benda, baik benda organik maupun anorganik. Tindakan kuratif adalah merupakan suatu tindakan atau upaya penyembuhan penyakit pada suatu benda baik organic maupun anorganik.

Pameran adalah kegiatan pokok sebuah museum, tanpa pameran sebanarnya museum tidak berarti apa-apa. UPTD Museum Negeri Provinsi Sulawesi Tenggara dalam penyelengaraan pameran melaksanakan dua jenis pameran yaitu : pameran tetap dan pameran khusus.

Pameran ini diharapkan dapat dimanfaatkan masyarakat Sulawesi Tenggara sebagai media belajar kebudayaan sendiri dalam rangka pembinaan kepribadian dan perluasan wawasan ilmu pengetahuan, melalui pameran tersebut siswa, mahasiswa dan generasi muda pada umumnya dapat mengenai dengan baik warisan budayanya. Hal ini penting dalam rangka memperkuat jati dirinya sebagai pelanjut pembangunan bangsa.

Waktu Berkunjung : SENIN – KAMIS 08.00 -14.00, JUM’AT 08.00 – 11.00

Pembangunan fisik UPTD Museum Provinsi Sulawesi Tenggara dimulai sejak akhir pelita II (1978/1979) hingga kini telah terwujud satu kompleks bangunan yang cukup megah. namun dari segi fungsionalisasinya baru dimulai pada awal tahun 1991, secara resmi selaku Unit Pelaksanaan Teknis (UPTD) dibidang kebudayaan, sesuai syarat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 001/0/1991 tanggal 9 Januari 1991. dan berdasarkan syarat Keputusan Gubernur Sulawesi Tenggara Nomor 425 tahun 2001 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Dinas dilingkungan Dinas Pendidikan dan kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara.

Pada Tahun 2009 UPTD Museum Provinsi Sulawesi Tenggara berdasarkan PP.41 Tahun 2007 telah bergabung dengan Badan Pariwisata, Seni dan Budaya menjadi sebuah lembaga Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara.

Paket Wisata Terbaik

  • museum kendari
  • museum di kendari